You are here

Rasa Syukur Tinggal di Bumi Khatulistiwa

Di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah mencipatakan langit dan bumi dan berlainan bahasa dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui (Qs Ar Rum : 22)

I Love Indonesia a lot. Saya bersyukur tinggal di negeri yang membentang sepanjang 1.919.000 kmĀ² ini. I think indonesia is a paradise. Indonesia is rich. Indonesia is famous about cultures, history, heritages, culinaries, and many more i can’t talk one by one.

8

Apa kamu tidak bangga tinggal di Negeri Khatulistiwa dengan jumlah pulau lebih dari 17.500 tersebut? Saya lahir di Kota Batik Pekalongan. Dari SD hingga SMA, saya menikmati atmosfer heterogenitas di kelas-kelas yang saya ikuti. Saya mengganggap keberagaman merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia. saya pun menikmati setiap perbedaan yang ada. Hey, kita tidak harus menjauh dan menjarak hanya karena saya makan talas dan kamu makan sagu bukan?

Indonesia adalah negeri kaya kuliner dan rempah. Itu sudah tidak diragukan lagi. Hasil laut dan sumber daya alamnya pun melimpah. Itu sudah tidak diragukan lagi. Gemah ripah loh jinawi (tentram makmur serta sangat subur). Indonesia adalah surga.

Terdapat ratusan bahasa daerah. Terdapat suku-suku dengan puluhan pakaian adat dengan beraneka ragam tradisi dan budaya. Inilah sisi indah dari perbedaan. Perbedaan adalah rahmat bagi semesta. Karena berbeda kita mampu melihat warna.

Mari tumbuh bersama. Bhineka Tunggal Ika. Meskipun berbeda kita tetap satu jua. Jangan jadikan perbedaan sebagai celah untuk mengoyak persatuan.

Saya ingin kedamaian selalu ada. Bersemanyam di setiap jiwa. Merupa dalam kebaikan laku dan kata. Betapa perdamaian itu adalah sesuatu yang perlu diperjuangkan. Rasa aman bahwa negeri ini tidak terlibat konflik bersenjata seperti di negara-negara nun jauh di Timur Tengah adalah sesuatu yang patut disyukuri.

Nikmat tidak hanya dilihat dari kekayaan dan kesehatan, tetapi juga rasa aman dan rasa nyaman. Betapa bersyukurnya kita masih bisa melihat para pelajar dan mahasiswa belajar di balik tembok-tembok kokoh gedung sekolah atau perkuliahan. Tidak terancam roket, rudal, atau bom yang sewaktu-waktu bisa meledak seperti di Palestina, Suriah, dan Afganistan.

Bagaimana cara mensyukuri anugerah ini? Ya, dengan berkontribusi. Berikan sesuatu yang terbaik untuk negeri. Berprestasilah. Berkaryalah. Bangga menjadi anak negeri. Jadilah pemuda muslim dengan karakter yang tangguh!!!

Terakhir saya membuat sebuah video khusus dengan backsound lagu One Big Family-nya Maher Zein. Kenapa saya pilih lagu One Big Family? Karena kita adalah bersaudara. Kita satu keluarga, Indonesia. Sudahkah kamu bersyukur tinggal di bumi khatulistiwa? Semoga spirit nasionalisme tetap melekat di dalam jiwa. Enjoy!!!

(Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes video blog yang diselenggarakan oleh Persatuan Muslim Profesional Aswaja 2016)

Arinta Setia Sari
Pecandu fiksi. Pecinta sains, seni, & teknologi. Penikmat kopi. Insomnia akut. Jomblo. Enigma. Kreatif & terkadang bisa menggila # arintasetia@gmail.com
http://arintasetia.blogspot.co.id/
Top